ETIKA KOMUNIKASI MAHASISWA DAN DOSEN DALAM PERSPEKTIF AKADEMIS REVOLUSI 4.0

Fransiscus Xaverius Wartoyo

Abstract


Tujuan penulisan adalah untuk menganalisis penelitian di kalangan akademis tentang etika komunikasi mahasiswa dan dosen dalam perspektif akademis revolusi 4.0. hubungan antara dosen dengan mahasiswa dalam konsep mempermudah proses belajar mengajar maupun bimbingan. Metode penelitian adalah kualitatifdengan pendekatan fenomenologis di kampus. Sebagai informan utama adalah dua orang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi atau tesis dan satu dosen yang memiliki hubungan bimbingan skripsi atau tesis dengan mahasiswanya. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa Komunikasi dalam revolusi 4.0 mengalami perubahan signifikan antara perilaku dan bahasa yang memunculkan budaya yang seringkali tidak sesuai dengan identitas akademis yang mengedepankan etika dan sopan santun jangan sampai terjebak pada berita hoax baik bidang politik maupun sosial, maka dalam dunia akademis perlu adanya peraturan dan contoh dalam berkomunikasi antara dosen dan mahasiswa, agar konsep pendidikan, identitas, dan karakter bangsa Indonesia tetap terjaga sopan santun dan serta mengedepankan nilai-nilai filosofi bangsa sebagai generasi penerus dalam menghadapi jaman milenial, sehingga tidak terjebak pada sisi negatif digitalisasi dalam dunia akademis. Diharapkan mahasiswa mampu berhadapan dengan tantangan hoax pada milenial. 


Keywords


etika; komunikasi; mahasiswa; dosen; revolusi 4.0

Full Text:

PDF PDF

References


Arifin, Anwar. (2011). Komunikasi Politik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Bernand T. Adeney. (2000). Etika Social Lintas Budaya. Yogyakarta: Kanisius.

Devito, Joseph A. (1997). Komunikasi Antar Manusia: Kuliah Dasar, Edisi Kelima, Jakarta: Profesional Books.

Lydon, Bill. (2014). Industry 4.0 - Only One-Tenth of Germany's High-Tech Strategy. Dikutip dari https://www.automation.com/automation-news/article/industry-40-only-one-tenth-of-germanys-high-tech-strategy, pada 27 Februari 2019 pukul 02.00 WIB

Moleong, L. J. (2005). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Moreale, Sherwyn P., Brian H. Spitzberg, J. Kevin Barge, Julia T. Wood, & Sarah J. Tracy. (2004). Introduction to Human Communication. USA: Wardsworth Thomson.

Scott, Chyntia L. (2015). The Futures of Learning 1: Why Must Learning Content and Methods Change in the 21st Century?, Working Papers, UNESCO.

Siminto. (2016). Pelaksanaan Prinsip Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Dosen Melalui Short Message Service. Jurnal Seminar Nasional Prasasti (Pragmatik), UNS. 2016. Pp. 187-194.

Siregar, Ashadi. (2006). Etika Komunikasi. Yogyakarta: Pustaka Book.

Suseno, Frank M. (2000). Kuasa dan Moral. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2019.003.01.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.