PERSPERKTIF PSIKOLOGIS PERUBAHAN METODE PEMBELAJARAN KEWARGANEGARAAN UNTUK PENCEGAHAN PENYEBARAN PAHAM RADIKAL TERORISME
Abstract
Perspektif Psikologis Penambahan Metode Pembelajaran Kewarganegaraan Untuk Pencegahan Penyebaran Paham Radikal Terorisme.
Penyebaran paham radikal terorisme kepada mahasiswa sudah terjadi dan perlu dicegah, misalnya melalui pembelajaran Kewarganegaraan. Perguruan tinggi perlu melakukan perubahan berupa penambahan metode dan materi pembelajarannya. Kajian psikologi dan hukum perlu digunakan sebagai dasar pembenaran ilmiah perubahan tersebut agar sesuai dengan kondisi psikologis mahasiswa dan sah, dan mahasiswa mudah memahami karakteristik, bahaya, dan cara pencegahan penyebaran paham radikal terorisme sehingga dapat terhindar dari paparan paham radikal terorisme. Artikel ini ditulis berdasarkan hasil penelitian desk research. Hasil penelitian: (1) Materi pembelajaran tentang Karakteristik, bahaya dan Pencegahan Penyebaran Paham Radikal-Terorisme perlu ditambahkan dalam RPS-KWN agar kemampuan kognitif mahasiswa berkembang. (2) Metode pembelajaran studi kasus layak digunakan penyampaian materinya, karena sesuai dengan karakteristik psikologis mahasiswa berdasarkan andragogi. (3) Secara hukum, perubahan RPS-KWN pada lingkup perguruan tinggi adalah sah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Buku
Ansori, M. H., Rasyid, I., Peranto, M. A. S., Efendi, J., & Hutagalung, V. 2019. Memberantas Terorisme di Indonesia: Praktik, Kebijakan Dan Tantangan. The Habibie Center.
Boak, G. 1998. A Complete Guide to Learning Contracts. Aldershot: Gower.
Brookfield, S.1995. Adult Learning ; An Overview. In International Encyclopedia of Education. Pergamon Press.
Fachrozi, I.2015. Hubungan Pengetahuan Hukum dan Kepatuhan Hukum terhadap Peraturan Perundang-Undangan Hak Cipta yang Terkait dengan Buku dan Karya Ilmiah. UIN Syarif Hidayatullah.
Junaidi, A.2020. Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Knowles, M., Holton III, E., & Swanson, R.1998. The Adult Learner: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development. Elsevier.
Knowles, M. S.1980. The Modern Practice of Adult Education: From Pedagogy to Andragogy. Cambridge Adult Education.
Sukmadinata, N. S.1997. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, S.1990. Psikologi Pendidikan . Rajawali Press.
Tahir, S., Malik, A., & Novrika.2020. Panduan Pencegahan Radikalisme di Lingkungan Kerja BUMN dan Perusahaan Swasta. BNPT, Kementerian BUMN, KADIN Indonesia.
Artikel Jurnal
Ananda, R.2018. The Effectiveness of the Implementation of the Case Methods in the Learning Evaluation Course at State Islamic University of North Sumatera. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 6(1).
Anggraeni, L. 2012. Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Hubungan Internasional. Media Komunikasi FIS , 11(1).
Arizki, F. F. P., & Rusdiana, E.2012. Konsep Radikal Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Jurnal Novum, 1(1).
Ayurinanda, A. R.2018. Konseling Gestalt sebagai Upaya Kuratif Pengaruh Paham Radikalisme di kalangan Remaja. Jurnal Konseling Religi, 9(1).
Bahri, A. S. R. M., & Fadlah, O. F.2021. Radikalisme dalam Perspektif Ilmu Psikologi Agama. Jurnal Al Ghazali Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 4(2).
Bengtsson, M.2016. How to Plan and Perform a Qualitative Study Using Content Analysis Author Links Open Overlay Panel. Nursing Plus Open, 2.
Birzer, M. L. 2004. Andragogy: Student Centered Classrooms In Criminal Justice Programs. Journal of Criminal Justice Educcation, 15(2).
Bonney, K. M. 2015. Case Study Teaching Method Improves Student Performance and Perceptions of Learning Gains. Journal of Microbiology Education, 16(1).
Chalim, S. 2018. Pengaruh Misi, Kurikulum, Dan Kepemimpinan di Perguruan Tinggi Terhadap Perilaku Anti-Radikalisme Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1).
Dewi, F. N. R.2021. Konsep Diri pada Masa Remaja Akhir dalam Kematangan Karir Siswa, Konseling Edukasi. Journal of Guidance and Counseling, 5(1).
Ekoto, C. E., & Gaikwad, P. (2015). The Impact of Andragogy on Learning Satisfaction of Graduate Students. American Journal of Educational Research, 3(11).
Endiyono, & Prasetyo, F. D. (2017). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Kepatuhan Melakukan Cuci Tangan dengan Metode Hand Wash. 6th University Research Colloquium MIPA Dan Kesehatan.
Fahmi, R., Nadya, A., Rizki, N., & Hubi, Z. B. 2021. Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Diradikalisasi Generasi Muda. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 6(2).
Faridah, H. (2022). Terorisme dalam Tinjauan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pancasila, 3(1).
Gazi, & Lutfi, I. 2011. Dari Orang Biasa Menjadi Teroris: Telaah Psikologi atas Pelaku dan Perilaku Teror.
Hakim, F. B., Yunita, P. E., Supriyadi, D., Isbaya, & Ramly, A. T. 2021. Persepsi, Pengambilan Keputusan, Konsep diri dan Values. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 1(3).
Hamida, N. A., & Nuqul, F. L. 2020. Peran Kecenderungan Berpikir Tertutup dan Kecenderungan Kebersetujuan pada Potensi Perilaku Radikal Mahasiswa. Psikologika, 25(2).
Harahap, H. R. H., Hanafiah, R., & Sinaga, R. S. 2018. Pendayagunaan Kelompok Diskusi Mahasiswa Dalam Menangkal Paham Radikalisme Dan Paham Terorisme di Lingkungan Perguruan Tinggi. Abdimas Talenta, 3(1).
Hasan, I. 2015. Analisis Penguasaan Domain Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik terhadap Keputusan Pilihan Berwirausaha Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN-2015, (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Syiah Kuala). Jurnal Kebangsaan, 4(7).
Hemafitria.2017. Penguatan Karakter Bangsa Melalui Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1).
Herreid, C. F., Schiller, N. A., Herreid, K. F., & Wright, C.2011. In case you are interested: results of a survey of case study teachers. Journal of College Science Teaching, 40(4).
Hiryanto.2017. Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi Serta Implikasinya Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, 22(1).
Huda, U., Haryanto, T., & Haryanto, B. S. 2018. Strategi Penanggulangan Radikalisme di Perguruan Tinggi Kabupaten Banyumas. An-Nidzam, 5(1).
Kuntarto, & Widyaningsih, R.2018. Dinamika Psikologis Pelaku Radikalisme. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers ”Pengembangan Sumber Daya Perdesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan VIII” , 8(1).
Letseka, M. A. M. 2021. The andragogical value of content knowledge method: the case of an adult education programme in Kwa-Zulu Natal Province of South Africa. Heliyon, 7(9).
Mansur, N.2015. Pencapaian Hasil Belajar Ditinjau dari Sikap Belajar Mahasiswa. Lantanida Journal, 3(2).
Minniti, L. F. S., MeloJr, J. S. M., Oliviera, R. D., & Salles, J. A. A.2017. The Use of Case Studies as a Teaching Method in Brazil. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237.
Moghaddam, F. M. 2009. The new global American Dilemma and terrorism. Journal of Political Psychology, 30(3).
Muchith, M. S. 2016. Radikalisme Dalam Dunia Pendidikan. ADDIN, 10(1).
Muhamad, Y. M., Muchtar, S. al, & Anggraeni, L. 2021. Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Internalisasi Nilai Toleransi dalam Mencegah Potensi Radikalisme di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Educatio, 7(3).
Mukhtar, S.2016. Strategi Pemerintah Indonesia Menghadapi Terorisme dalam Era Demokratisasi. Reformasi, 6(2).
Natalia, A.2016. Faktor-Faktor Penyebab Radikalisme dalam Beragama (Kajian Sosiologi terhadap Pluralisme Agama di Indonesia). Al-Adyan, 11(1).
Ningtias, A. P., Anderson, I., & Kuswanto. 2021. Pengaruh Pengetahuan Hukum dan Kesadaran Hukum terhadap Kepatuhan Hukum Warga Kota Jambi dalam Menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. Jurnal PPKN, 9(2).
Nurhayati, N., Indriani, I., & Utaminingsih, S. 2020. Efektivitas Mata Kuliah Pendidikan Pancasila dalam Mencegah Radikalisme di Kalangan Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang. Prosiding Senantias, 1(1).
Özden, M. 2020. Science Education for Citizenship: A Case Study. AJESI - Anadolu Journal of Educational Sciences International, 10(1).
Paturahman, M. 2017. Reaktualisasi Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi (Suatu Tinjauan Andragogi). Sosio-E-Kons, 9(3).
Purwati, Y., Sulistya, H., & Santosa, S. 2021. Pengaruh Kemampuan Kognitif Mahasiswa MPI terhadap Pemahaman Teori-Teori Perilaku Dan Budaya Organisasi (Studi Kasus Kelas C MPI) E-journal. Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 5(2).
Qodir, Z.2016. Kaum Muda, Intoleransi, dan Radikalisme Agama. Jurnal Studi Pemuda, 5(1).
Raharjo.2020. Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020. PKN Progresif, 13(1).
Ramdhani, H., & Aliantika, N. N. (2019). Aktualisasi Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Deradikalisasi Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Untirta, 2(1).
Rokhmad, A. 2012. Radikalisme Islam dan Upaya Deradikalisasi Paham Radikal. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 20(1).
Rosmaya, I., & Ganefwati, R. 2016. Persepsi Mahasiswa terhadap Radikal-Terorisme Melalui Website dan Social Media. Jurnal Cakrawala , 10(2).
Ruwaida, H. 2019. Proses Kognitif Dalam Taksonomi Bloom Revisi: Analisis Kemampuan Mencipta (C6) Pada Pembelajaran Fikih di MI Miftahul Anwar Desa Banua Lawas. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1).
Satriawan, I., Islami, M. N., & Lailam, T. 2019. Pencegahan Gerakan Radikalisme melalui Penanaman Ideologi Pancasila dan Budaya Sadar Konstitusi Berbasis Komunitas. Jurnal Surya Masyarakat, 1(2).
Sitepu, B. P., & Lestari, I. 2018. Pelaksanaan Rencana Pembelajaran Semester Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tingg. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1).
Sulistiyanti, U., & Nahartyo, E. 2012. Pengaruh Aspek Kognitif dan Afektif dalam Pengambilan Keputusan dengan Menggunakan Balanced Scorecard (Studi Eksperimen Pada Organisasi Sektor Publik). Universitas Gadjah Mada.
Syam, N. 2005. Radikalisme dan Masadepan Hubungan Agama-Agama: Rekonstruksi Tafsir Sosial Agama. In https://core.ac.uk/download/pdf/34212117.pdf.
Tahir, I., & Tahir, M. I. 2020. Perkembangan Pemahaman Radikalisme di Indonesia. Jurnal Ilmiah Administrasi Pemerintahan Daerah, 12(2).
Tjeppy. 2021. Learning Civic Education on Students’ Legal Awareness. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1).
Tripathy, M. R. (2008). Case Methodology for Adult Learning: A Critical Review of Theory and Practice. Asian Journal of Management Cases, 5(1).
Yadav, A., Lundeberg, M., Deschryver, M., Schiller, N., Maier, K., Herreid, C. F., & Dirkin, K. H. (2007). Teaching Science With Case Studies: A National Survey of Faculty Perceptions of the Benefits and Challenges of Using Cases. Journal of College Science Teaching, 37(1).
Internet
BNPT. 2020. Tidak semua yang radikal adalah Teroris. Https://Bnpt.Go.Id/Bnpt-Tidak-Semua-Yang-Radikal-Adalah-Teroris.
Damayanti, A. 2019. Radikalisme pada Komunitas Non-Islam. In http://repository.uki.ac.id/id/eprint/637.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ulfa Dyah Mustika, widodo widodo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.