PEMBELAJARAN BERBASIS KEHIDUPAN: KONSEP DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Muhammad Hambali

Abstract


Pembelajaran Berbasis Kehidupan (PBK) adalah proses pemerolehan pengetahuan dan kecakapan dalam memahami hakikat kehidupan, memecahkan masalah kehidupan, dan menjalani kehidupan secara be- rimbang dan harmonis. PBK merupakan bentuk ekologi pembelajaran yang kontekstual-integratif-holistik antara diri pribadi, pekerjaan, kel- uarga, dan pemanfaatan waktu luang. PBK dilaksanakan dalam rang- ka (1) mengembangkan kapabilitas (kemampuan dan kemauan); (2) menjalin interaksi dinamis dan seimbang antara institusi penyelenggara pendidikan, lingkungan, dan masyarakat tempat peserta didik hidup; (3) mengakui dan menghargai perbedaan setiap individu; (4) menum- buhkan tanggung jawab belajar pada diri peserta didik, dan (5) men- jadikan institusi penyelenggara pendidikan sebagai pencipta lingkungan terbaik pelaksanaan pembelajaran.

Keywords


: pembelajaran berbasis kehidupan, bahasa Indonesia, mahasiswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2017.001.01.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Hambali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.