COMMITMENT OF NAHDLATUL ULAMA AND MUHAMMADIYAH EDUCATION INSTITUTIONS IN BREAKING THE CHAIN OF RADICALISM
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adryamarthanino, Verelldevanka. (2021). Konflik Sampit: Latar Belakang, Konflik, dan Penyelesaian.
Akbar, W. (2022). BIN Ungkap 39 Persen Mahasiswa Terpapar Radikalisme.
An-Nawawi, A. Z. Y. ibn S. (2005). Hadith 40. Dewan Pustaka Fajar.
Aristyasari, Y. F., & Faizah, R. (2020). Membedah Corak Filsafat Pendidikan Muhammadiyah (Telaah Konsep Pendidik Muhammadiyah). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5872
Baharun, H., & Nur Aini, L. (2020). Penguatan Pendidikan Aswaja An-Nahdliyah untuk Memperkokoh Sikap Toleransi. Jurnal Islam Nusantara, 04(02).
C.N.N. Indonesia. (2022). Ketua Komisi X Sebut Penyebaran Radikalisme di Kampus Nyata.
Comfort, L. K. (2014). Education Policy and Evaluation: A Context for Change. Elsevier Science.
DHF. (2022). Survei Alvara: Sebagian Milenial Setuju Khilafah Nasional.
Faruq, U. Al. (2020). Peluang Dan Tantangan Pendidikan Muhammadiyah Di Era 4.0. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, XVIII(1).
Fathurrochman, I., & Muslim, A. (2021). Menangkal Radikalisme Dengan Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Amaliyah Aswaja di SD Islamiyah Magetan. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2). https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1071
Firdausi, F. A. (2022). Dari Kasus Dugaan Penodaan Agama Menjalar Kerusuhan Situbondo 1996.
Fithriyah, M., & Umam, M. S. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Aswaja Dalam Pendidikan Islam Sebagai Upaya Deradikalisasi Menuju Good Citizen. Unwaha, 1.
Hafid, W. (2020). Geneologi Radikalisme Di Indonesia (Melacak Akar Sejarah Gerakan Radikal). Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law, 1(1). https://doi.org/10.33096/altafaqquh.v1i1.37
Hasan, N. (2006). Laskar Jihad: Islam, Militancy, and the Quest for Identity in Post-New Order Indonesia. Southeast Asia Program Publications.
Helmawati. (2018). Implementasi Nilai-nilai ASWAJA dalam Memperkokoh Karakter Bangsa dan Mewujudkan Entitas NKRI. Sipatahoenan, 4(1), 51–68.
Hidayat, T., Firdaus, E., & Somad, M. A. (2019). Model Pengembangan Kurikulum Tyler dan Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. 5(2), 5–10.
Irawan, D., & Arifin, Z. (2021). The Relationship Between Islamic Fundamentalism and Radicalism With Social Conflict. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 21(1). https://doi.org/10.21154/altahrir.v21i1.2636
Jailani, M., Widodo, H., & Fatimah, S. (2021). Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 142–155.
Khamid, F., & Adib, H. (2021). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Aswaja. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 3(2). https://doi.org/10.51672/jbpi.v3i2.64
Kharismatunisa’, I., & Darwis, M. (2021). Nahdlatul Ulama dan Perannya dalam Menyebarkan Nilai-Nilai Pendidikan Aswaja An-Nahdliyah pada Masyarakat Plural. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i2.1094
Khoir, A. B. (2021). Radikalisme Dan Aparatur Sipil Negara: Faktor Penyebab Dan Upaya Pemerintah Menangani Radikalisme Pada Aparatur Sipil Negara. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 12(2), 145–162. https://doi.org/10.23969/kebijakan.v12i2.3938
Kompas Cyber Media. (2021). Konflik Poso: Latar Belakang, Kronologi, dan Penyelesaian.
Marsudi, M. S., & Zayadi, Z. (2021). Gerakan Progresif Muhammadiyah Dalam Pembaharuan Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan Di Indonesia. Mawa Izh Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 12(2). https://doi.org/10.32923/maw.v12i2.2035
Nurhidaya, Antong, & Halim, I. (2020). Analisis Nilai-Nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan Terhadap Kecurangan Akademik Dan Integritas Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Palopo. Jurnal Univversitas Muhammadiyah Palopo, 1–15.
Qodir, Z., Jubba, H., Mutiarin, D., & Hidayati, M. (2021). Muhammadiyah identity and muslim public good: Muslim practices in Java. International Journal of Islamic Thought, 19(1). https://doi.org/10.24035/IJIT.19.2021.203
Qomar, M. (2014). Implementasi Aswaja Dalam Perspektif NU di Tengah Kehidupan Masyarakat. Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 2(01). https://doi.org/10.21274/kontem.2014.2.01.
Sodikin, A., & Ma`arif, M. A. (2021). Penerapan Nilai Islam Moderat Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i2.702
Stout, M. (2009). In Search of Salafi Jihadist Strategic Thought: Mining the Words of the Terrorists. Studies in Conflict & Terrorism, 32(10).
Tempo. (2012). Kronologi Penyerangan Warga Syiah Di Sampang.
Tim PWNU Jawa Timur. (2007). Aswaja An-Nahdliyah: Ajaran Ahlussunnah wa al-Jama’ah yang berlaku di lingkungan Nahdlatul Ulama. Khalista.
Universitas Muhammadiyah Malang. (2001). Kurikulum Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Bagian Pengajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Malang.
Utami, P. S., & Cahyono, H. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Kemuhammadiyahan Berbasis Wawasan Kebangsaan Pada Mahasiswa Program Studi Ppkn Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 87. https://doi.org/10.30734/jpe.v6i1.442
Wardiyanto, Hasnidar, & Elihami. (2020). The Role of Muhammadiyah Education in Dealing with Bid’ah: E-Learning about Al-Islam and Kemuhammadiyahan. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(2), 71–79.
Wikanda, F., Hatta, M., & Abdullah, A. (2020). FKUB’s Communication Strategy in Mantaining Religious Harmony in Medan. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(3). https://doi.org/10.33258/birci.v3i3.1083
Yono. (2016). Menakar Akar-Akar Gerakan Radikalisme Agama Di Indonesia. Mizan : Jurnal Ilm Syariah, 4(2).
DOI: https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2022.006.02.5
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ilham Tohari, Moh. Zainullah, Umar Faruq, Nada Octavia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.