FILOSOFI KENDO MASYARAKAT JEPANG: ADAPTASI DAN RE-MODELING PENDIDIKAN DAN PEMBANGUNAN KARAKTER BAGI GENERASI MUDA DI INDONESIA

Hastangka Hastangka, Rahma Fitriana, Latifa Nuraini

Abstract


The concept and philosophy of character education that has developed so far have adopted many thoughts and concepts created by western culture and religion. This article discusses the concept and philosophy of character education created in Japan and rooted in the local culture. The method used in this study is a literature review and phenomenological research on the author’s experience while in Japan. The result of this study shows that the philosophy of Kendo has become a drive for character development (Tatemono no takucho) of Japanese youth. Japan can be an inspiration for the process of adaptation and remodeling of character education and development in Indonesia as the essence of the knowledge (Chisiki) about the character is based on the local culture.

Keywords


Kendo Precept, Character Education, Value, Discipline, Youth

Full Text:

PDF

References


Aji.T.(2020). Pendidikan Karakter di Masa Pandemi, Menjadi Tanggung Jawab Siapa?, diakses pada 18 Maret 2022 darihttps://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/pendidikan-karakter-di-masa-pandemi-menjadi-tanggung-jawab-siapa.

Akhimelita, L., Sumarto, S., & Abdullah, A. G. (2020). Model Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(1), 27-33.

Aman, Setiawan.N, Yuliana.L. (2014). Pengembangan Model Pendidikan Karakter sebagai Upaya Peningatan Personal dan Social Skill bagi Anaka Jalanan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 20, Nomor 3, September 2014, hal.423-439.

Anggraeni,D, Purnomo, E.H, Hidayat.D. (2021).Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Cina Klasik di Zi Gui dengan Pendekatan Teori Behavioristik, WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter Vol.5 No.2, hal.147-158.

Atma, Andi. (2019) Pengembangan Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter. Bada’a Jurnal Pendidikan Dasar.1 (1): 31—43.

Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. (2022) Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemdikburistek.

Choli.I.(2020). Problematika Pendidikan Karakter Pendidikan Tinggi, T a h d z i b A k h l a q, N o V / 1 / 2 0 2 0, hal.57-72.

Hamzah.S.(2020). Model Pendidikan Karakter pada Remaja dalam Lingkup Keluarga di desa Bululoe Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto, Skripsi, Makassar: Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hasanah.U.(2016). Model-Model Pendidikan Karakter di Sekolah, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 7, Mei 2016, hal. 18-34.

Juliadilla.R.(2020). Humane Education As A Method Of Empathy Character For Children In School, WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter Vol.4 No.2, hal.111-112.

Junaedi. M, Syukur.F. (2017). Moral Education in Japanese Schools A Model for Improving Character education in Indonesia, Analisa Journal of Social Science and Religion Volume 02 No. 01 July 2017,p.23-40.

Mulyaningtyas, R.M, dan Arinugroho,Y.D. (2020). Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Nilai Ritual Metri, WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter Vol.4 No.2, hal.89-100.

Nakazawa, Y dan Inoue S. (2014). Views on training Kendo and learning theory for education of the body. Kokushikan.repo.nii.ac.jp.

Pasandaran, S. (2017). Politik Pendidikan Karakter: Refleksi Praksis Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2). https://doi.org/10.36412/ce.v1i2.497

Pramartha, I. N. B., & Parwati, N. P. Y. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pandangan Politik Soekarno. Widyadari: Jurnal Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.

Rachmatdana.A, Chawa A.F, Anas.M.(2021).Pemaknaan Komunitas Sobat Ambyar terhadap

Lagu Didi Kempot sebagai Nilai-Nilai Penguatan Karakter, WASKITA Vol. 5 No. 2 Oktober 2021,hal.102-116.

Rahayu, S. (2020). Sejarah Pendidikan Indonesia Dari Masa Ke Masa Membentuk Karakter Pribadi Pribumi Bangsa. In Universitas Negeri Malang.

Shofa, A. M. A., Alfaqi, M. Z., Habibi, M. M., & Mawarti, R. A. (2020). Sejarah Panjang Pendidikan Karakter Di Indonesia pada Era Proklamasi Kemerdekaan Sampai Era Reformasi. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 6(1).

Salirawati. D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Jurnal Sains dan Edukasi Sains Vol.4, No.1, Februari 2021: 17-27.

Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (sebuah Pendekatan Nilai), Jurnal Al-Ta’dib Vol. 9 No. 1, Januari-Juni, hal.120-143.

Setyaningrum. R.W, Hasamah. (2013). Model Pembelajaran Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang, Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Jilid 1, Nomor 1, April 2013, hlm. 46-53.

Suparlan. (2015). Mencari Model Pendidikan Karakter, Humanika Vol. 15 Nomor 1. September 2015, hal.75-88.

Syaifuddin, M., Zuriah, N., & Taufiq, M. (2016) Konstruksi Model Pendidikan Karakter Bangsa untuk Penguatan Kemandirian Pangan dan Cinta Produk Indonesia. Disajikan pada Seminar Nasional Hasil Penelitian Universitas Kanjuruhan Malang April 2016. Malang: Universitas Kanjuruhan.

Syamsurrijal. A. (2021). Komparasi Pendidikan Karakter Indonesia dan Jepang (Analisis Terhadap Landasan, Pendekatan, dan Problematika). Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(2), 184-199.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2022.006.02.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hastangka hastangka, Rahma Fitriana, Latifa Nuraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.