PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI LITERASI CINA KLASIK DI ZI GUI DENGAN PENDEKATAN TEORI BEHAVIORISTIK
Abstract
Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Klasik Di Zi Gui Dengan Pendekatan Teori Behavioristik. Literasi Cina klasik Di Zi Gui merupakan kegiatan membaca dan menemukan nilai-nilai karakter. Kemerosotan moral, budi pekerti dan nilai sosial pada siswa menjadi permasalahan yang mengkhawatirkan. Penguatan pendidikan karakter merupakan upaya menyeimbangkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Penguatan pendidikan karakter dapat dilakukan melalui kegiatan literasi di sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan literasi dengan pendekatan Teori Behavioristik B.F. Skinner dalam penguatan pendidikan karakter yang dapat diterapkan oleh para pendidik tingkat sekolah dasar. Metode penelitian ini berlandaskan kajian pustaka dengan menggunakan teknik analisis wacana. Hasil penelitian menunjukkan literasi Di Zi Gui bermanfaat dalam penguatan moral dan budi pekerti siswa. Nilai moral dan karakter dalam Di Zi Gui dapat membantu siswa dalam penguatan karakter dan budi pekerti siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adrianne, O. A., 2017. Negative effects of technology on children. [Online]
Available at: https://www.gosanangelo.com/story/life/wellness/2017/04/19/sound-mind-negative-effects-technology-children/99872132/
Anon., 2019. Modul Teori Belajar dan Pembelajaran. [Online]
Available at: http://ftik.iainpurwokerto.ac.id/wp-content/uploads/2019/06/MODUL-TEORI-BELAJAR-DAN-PEMBELAJARAN.pdf
Arsyad, L. & et al, 2021. Membekali Anak Usia Dini Dengan Pendidikan Karakter. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter 5(1)P, pp. 59-71.
B.R. Hergenhahn & Matthew, O. H., 2008. Teori Belajar. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.
Cai, X. L., 2016. Pembahasan Budi Pekerti Di Zi Gui Menuju Kehidupan Bahagia. Jakarta: United Colour Printing.
Dr. Jessica, S., 2017. How Character Education Helps Kids Learn and Develop. [Online]
Available at: https://www.methodschools.org/blog/how-character-education-helps-kids-learn-and-develop
Djuniaty, M. P., 2019. Pribadi Guru, Modal Pendidikan Karakter Bagi Siswa. [Online]
Available at: https://ntt.kemenag.go.id/opini/619/pribadi-guru-modal-pendidikan-karakter-bagi%C2%A0siswa
Fatkhan, H. A., 2017. Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli. [Online]
Available at: http://fatkhan.web.id/pengertian-pendidikan-karakter-menurut-para-ahli/
Gamal, T., 2020. Pendidikan Karakter: Pengertian, Sistem, Tujuan & Strategi. [Online] Available at: https://serupa.id/pendidikan-karakter/
Harfiyani, A., 2019. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Literasi Dalam Konteks Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar Menyonsong Transformasi Pendidikan Abad 21, pp. 141-150.
Halim, A. R., 2017. Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 1(1), pp. 113-128.
Hendri, I., 2011. Di Zi Gui Pedoman Menjadi Murid Dan Manusia Yang Baik.[Online] Available at: http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1548-di-zi-gui-%E5%BC%9F%E5%AD%90%E8%A6%8F-pedoman-menjadi-murid-dan-manusia-yang-baik
Jensen, T., 2020. Pengertian Pendidikan. [Online] Available at: https://www.mypurohith.com/pengertian-pendidikan/
Khasanah, U. & Herina, 2019. Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Unversitas PGRI Palembang, pp. 624-633.
Kuangfei, X., 2016. Character Education : From the Perspective of Confusian Ethics. Education Journal. 5(1), pp. 1-6.
Mahbudin, 2020. Peran Pemerintah Dalam Membangun Budaya Literasi Indonesia. [Online]
Available at: https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/peran-pemerintah-dalam-membangun-budaya-literasi-indonesia
Mulyo, T., 2017. Gerakan Literasi Sekolah Dasar. [Online]
Available at: https://fdokumen.com/document/gerakan-literasi-sekolah-dasar-pgsdumkac-mulyo-teguhpdfaa-belum-dianggap.html
Norianda, N. & et al, 2021. Internalisasi Nilai dan Karakter Melalui Budaya Sekolah. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter 5(1), pp. 45-57.
Ratih, R., 2018. Aplikasi Tik Tok dan 5 Bahaya yang Mengancam. [Online]
Available at: https://www.wartaekonomi.co.id/read186408/aplikasi-tik-tok-dan-5-bahaya-yang-mengancam
Risa, J., 2020. Humane Education As a Method of Empathy Character For Children in School. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, Volume 4(2), pp. 101-112.
S.M, A., 2019. Why Study Children's Literature. [Online]
Available at: https://www.masterstudies.com/article/why-study-childrens-literature/
Shek, D. & Law, M. Y. M., 2019. "Di Zi Gui" (Standards For Being a Good Student and Child): Implications For Children and Youth Development and Parenting. International Journal of Child and Adolescent Health, suppl. Special Issue: Parenting and family life in Hong Kong: Traditional perspective, contemporary research, and intervention; Hauppauge 12(4), pp. 403-418.
Sulistio, Z. S., 2017. Pesan-Pesan Moral Orang Tua Etnis Tionghoa Dalam Mendidik Anaknya. Jurnal Komunikasi KAREBA 5(2), pp. 458-476.
Thomas, L., 2016. Persoalan Karakter : Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebijakan Penting Lainnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wen, S. G., 2016. The Analysis of Moral Education in China and its Effect on Chinese Children’s Moral Development. [Online]
Available at: https://digitalcommons.bard.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1366&context=senproj_s2016.
DOI: https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2021.005.02.6
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dewi Anggreani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.