REINTERPRETASI NASIONALISME DENGAN PENDEKATAN TEORI MATRIKS

Destriana Saraswati, Millatuz Zakiyah, Prima Zulvarina

Abstract


Reinterpretasi Nasionalisme dengan Pendekatan Teori Matriks. Penelitian ini berupaya menginterpretasikan ulang dan mendefinisikan kembali konsep nasionalisme dengan menggunakan pendekatan metode Teori Matriks. Mengingat perubahan pola kehidupan masyarakat, upaya reinterpretasi makna nasionalisme menjadi penting untuk menjaga pemahaman kolektif terhadap salah satu unsur utama persatuan bangsa. Pemilihan metode Teori Matriks, yang merupakan salah satu model penelitian kualitatif, disebabkan telah banyak tokoh yang mendefinisikan nasionalisme dengan berbagai perspektif. Dismping itu, metode ini dipilih karena berguna untuk mengefisiensikan teori atau definisi yang beragam, multi makna, dan abstrak; untuk menghindarkan pameran atau parade definisi yang tidak terlalu relevan. Hasil dari penelitian ini berupa hasil interpretasi atau pemaknaan atas konsep nasionalisme yang lebih sesuai dengan perkembangan jaman saat ini.

        


Keywords


Reinterpretasi; Nasionalisme; Pendekatan Teori Matriks

Full Text:

PDF

References


Bakri. Politik dan Pengaruhnya terhadap Perekonomian. [Internet]. Diakses pada 16 Agustus 2018. Tersedia pada: http://aceh.tribunnews.com/ 2015/05/26/politik-dan-pengaruhnya-terhadap-perekonomian.

Budiardjo M. 2010. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta (ID): Gramedia Pustaka Utama.

David FR, David FR. 2015. Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Ed ke-15. Jakarta (ID): Salemba Empat.

Kamila, R. 2010. Tidak Menjadi Indonesia. (Online), (https://sindikatdokarim.wordpress.com/2013/06/01/tidak-menjadi-indonesia/#more-307), diakses tanggal 26 Oktober 2020.

Kurniawan E, Haikal AM. 2016. Membangun Kompetensi Dasar Kepemiluan untuk Komunitas Seri Modul Pelatihan. Jakarta (ID): Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia.

[KPU] Komisi Pemilihan Umum. 2014. Partisipasi Pemilih Pemilu 2014 dalam Angka. Jakarta (ID): Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia.

Muhammad S. 2013. Strategi Pemerintah: Manajemen Organisasi Publik. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Munandar JM, et al. 2014. Pengantar Manajemen Panduan Komprehensif Pengelolaan Organisasi. Bogor (ID): IPB Press.

Nimmo D. 2010. Komunikasi Politik Khalayak dan Efek. Bandung (ID): Remaja Rosda Karya.

[PemkabBogor] Pemerintah Kabupaten Bogor. 2017. Kependudukan. [Internet]. Diakses pada 1 Agustus 2018. Tersedia pada http://bogorkab.go.id/index.php/page/detail/17/kependudukan#.W2wOYegzZEY.

Purnomo SH, Zulkieflimansyah. 2007. Manajemen Strategi. Jakarta (ID): Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Rangkuti F. 2013. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta (ID): Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung (ID): Alfabeta.

Surbakti R. 2010. Memahami Ilmu Politik. Jakarta (ID): Grasindo.

Umar H. 2008. Strategic Management in Action. Yogjakarta (ID): Kanisius.

Wahid U. 2016. Komunikasi Politik Teori, Konsep, dan Aplikasi pada Era Media Baru. Bandung (ID): Simbiosa Rekatama Media




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2021.005.02.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Destriana Saraswati, Millatuz Zakiyah, Prima Zulvarina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.