The Importance Of Humanism Education For Primary School Children In The 21st Century Globalization Era
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeni, N. (2022). Kenali 5 tanda anak gak memiliki sikap empati, segera tangani!. Dapat diakses melalui link https://www.idntimes.com/life/family/nurkorida-aeni/tanda-anak-gak-memiliki-sikap-empati-c1c2?page=all. Diakses pada 07 Mei 2024, pukul 20.00 WIB.
Alfari, D. D., & Hidayat, W. (2023). Strategi mitigasi risiko konflik sosial dalam pendidikan Islam di pesantren. Studia Manageria, 5(1), 43-52. DOI: https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v5i1.18191
Ammi, A., Sabani, F., & Munir, N. P. (2023). Tantangan guru dalam pembelajaran tematik pada kelas rendah di SDN 113 karawak Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(2), 125-136. https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/291
Andari, I. A. M. Y., Wiguna, I. B. A. A., & Puspawati, S. (2023). Kontribusi latar belakang pendidikan terhadap perkembangan ekonomi keluarga (analisis kritis). Waisya: Jurnal Ekonomi Hindu, 2(1), 60-74.
Aprile, K. T., Ellem, P., & Lole, L. (2021). Publish, perish, or pursue? Early career academics’ perspectives on demands for research productivity in regional universities. Higher Education Research & Development, 40(6), 1131-1145. DOI: https://doi.org/10.1080/07294360.2020.1804334
Arfan, M. (2022). Islam dan pendidikan pluralisme: menampilkan wajah islam toleran melalui kurikulum PAI berbasis kemajemukan. Fikroh, 6(2), 100-127. DOI: https://doi.org/10.37216/fikroh.v6i2.761
Arifin, Z., & Aqso, M. (2023). Aktivisme moderasi beragama dalam menangkal radikalisme di sekolah menengah atas Kota Medan: studi etnografi SMA Swasta Sultan Iskandar Muda. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(3), 471-486. DOI: https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i3.15419
Arzfi, B. P., & Jamna, J. (2024). Implementasi teori belajar humanismik dalam pembelajaran berdiferensiasi IPAS di Sekolah Dasar. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 10(1), 39-49. DOI: https://doi.org/10.46963/mpgmi.v10i1.1639
Astawa, I. N. T. (2015). Teori-teori dalam dunia pendidikan modern. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 67-72.
Burhamzah, M., Novia, L., Fatimah, S., & Alam, A. (2023). Pelatihan guru untuk masa depan: mengembangkan kecerdasan emosional di kelas sebagai kunci sukses pendidikan abad 21. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(05), 1335-1344. https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/249
Dewi, A. C., Ramadhan, B., Fadhil, A. A., Fadhil, F., Idris, A. M., Hidayat, M. R., & Yusrin, M. A. D. (2023). Pendidikan moral dan etika mengukir karakter unggul dalam pendidikan. IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education, 3(2), 69-76.
Dinata, F. R. (2020). Pembelajaran humanismik dalam mendorong pengembangan afeksi. Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 48-57. DOI: https://doi.org/10.30599/jpia.v7i1.1188
Cahyani, N. (2019). Psikodrama untuk meningkatkan empati siswa di sekolah inklusif. Jurnal of Disability Studies, 6(2), 268-269.
Charismana, DS, Firmansyah, A., Arsyani, NN, Fatimah, AN, & Yudha, M. (2023, Desember). Learning management system Pinter Pancasila: 21st century junior. Konferensi Internasional Kemanusiaan Dan Ilmu Sosial (ICHSS). Pp. 237-242.https://www.programdoktorpbiuns.org/index.php/proceedings/article/view/288
Chasanah, M., & Ningsih, T. (2023). Pendidikan humanis dalam interaksi edukatif dan praktik edukatif di MI Negeri 1 Banyumas. J-PGMI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 119-130. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/j-pgmi/article/view/9603
Davidson, M. D. (2021). Humanism and sustainable development. Worldviews: Global Religions, Culture, and Ecology, 25(3). Pp. 183-205. DOI: https://doi.org/10.1163/15685357-20210903
Dwiyani, A. (2023). Pendidikan Islam multikultural di sekolah. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 68-78. DOI: https://doi.org/10.58518/darajat.v6i1.1586
Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran konvensional dan kritis kreatif dalam perspektif pendidikan islam. Hikmah, 18(1), 64-80.
Faiz, A. (2021). Peran filsafat progresivisme dalam mengembangkan kemampuan calon pendidik di abad-21. Jurnal Education and Development, 9(1), 131-131.
Ferreira, M., Martinsone, B., & Talić, S. (2020). Promoting sustainable social emotional learning at school through relationship-centered learning environment, teaching methods and formative assessment. Journal of Teacher Education for Sustainability, 22(1), 21-36. DOI: https://doi.org/10.2478/jtes-2020-0003
Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan keragaman dan keunikan siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67-73. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73
Hamonangan, I. (2020). Pasar, tata kelola dan hubungan transnasional di era globalisasi dan Implikasinya terhadap ketahanan politik dunia. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(1), 55-70.
Hanaris, F. (2023). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa: strategi dan pendekatan yang efektif. Jurnal Kajian Pendidikan dan Psikologi, 1(1 Agustus), 1-11. DOI: https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.9
Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan motivasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran berdiferensiasi: sebuah kajian pembelajaran dalam perspektif pedagogik-filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817-5826.
Hariyadi, M., & Imronuddin, I. (2021). Karateristik pendidikan inter-religius dalam Al-qur’an. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 20(1), 127-146. DOI: https://doi.org/10.15408/kordinat.v20i1.20649
Haruna, I. (2022). Pengertian intoleransi dan contohnya. Dapat diakses melalui link https://nasional.kompas.com/read/2022/10/28/01000061/pengertian-intoleransi-dan-contohnya. Diakses pada 09 Mei 2024, pukul 20.10 WIB.
Huda, C., Reffiane, F., & Saputra, H.J. (2024). Paradigma pembelajaran IPA berbasis proyek berdiferensiasi: menyukseskan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Penerbit NEM.
Imron, A. (2023). Ilmu tafsir memahami konsep dasar dan lingkup kajian pendidikan Islam. Jurnal Literasiologi, 10(2). DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v10i2.587
'Izza, N.L. (2023). Upaya penanaman penggunaan media sosial dalam melindungi anak-anak dari dampak negatif media sosial. JOIES (Journal of Islamic Education Studies), 8(2), 232-254. DOI: https://doi.org/10.15642/joies.2023.8.2.232-254
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran guru pendidikan agama islam dalam membangun karakter peserta didik upaya penguatan moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25-37.
Khasanah, N. (2024). Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa di tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(2), 117-130.
Koodho, E., & Pamungkas, J. (2023). Penerapan konsep humanisme YB Mangunwijaya melalui pembelajaran menggambar dan melukis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6154-6164.
Kamaruddin, I., Zulham, Z., Utama, F., & Fadilah, L. (2023). Pendidikan karakter di sekolah: pengaruhnya terhadap pengembangan etika sosial dan moral siswa. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 140-150.
Dower, J., & Langdale, P. (2022). Performing for motion capture: A guide for practitioners. Bloomsbury Publishing.
Leuwol, F. S., Jamin, N. S., & Ayu, S. K. (2023). Psikologi multikultural dalam praktik: menghadapi tantangan kesejahteraan mental di era global dengan pemahaman dan pendekatan yang beragam. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(08), 649-659.
Maulana, W., & Insaniyah, S. A. (2023). Integrasi nilai-nilai humanis dalam kurikulum pendidikan multikultural: tantangan dan peluang. ARRIYADHAH, 20(2), 39-48. DOI: https://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary/article/view/207
Mariantika, N. P., & Suardika, I. K. (2021). Peran orang tua dalam mengawasi perkembangan perilaku anak dari pengaruh gadget (media sosial). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(4), 971-986.
Mustofa, A., & Muadzin, A. (2021). Konsepsi peran guru sebagai fasilitator dan motivator dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Annaba'STIT Muhammadiyah Paciran, 7(2), 171-186. DOI: https://doi.org/10.37286/ojs.v7i2.102
Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.
Muslimin, T. P., & Fatimah, A. A. B. (2024). Kompetensi dan kesiapan guru Sekolah Dasar terhadap tantangan pendidikan di era society 5.0. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(1), 55-72.DOI: https://doi.org/10.30605/cjpe.712024.3589
Nasri, U., & Tabibuddin, M. (2023). Paradigma moderasi beragama: revitalisasi fungsi Pendidikan Islam dalam konteks multikultural perspektif pemikiran Imam al-Ghazali. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1959-1966. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1633
Nasution, F., Fitrah, G. A., Alfina, H., & Hajmi, M. F. (2023). Membangun karakter positif dalam pendidikan: tantangan dan strategi dalam perspektif psikologi pendidikan. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 3(2), 131-140. DOI: https://doi.org/10.32332/ijigaed.v3i2.7155
Natarajan, N., Newsham, A., Rigg, J., & Suhardiman, D. (2022). Kerangka penghidupan berkelanjutan untuk abad ke-21. Pembangunan Dunia. 155. DOI: https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2022.105898.
Nahdiyah, A. C. F. (2023). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) dalam pandangan filsafat pendidikan humanisme. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2). DOI: http://dx.doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108
Ngatikoh, S., & Faqih, A. (2020). Kebijakan ekspor impor: strategi meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 4(02), 167-190.
Nanda, F. A., & Maulina, I. (2021). Pembentukan karakter siswa kelas III SDN 054871 KW. begumit melalui fabel pendidikan kewarganegaraan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(01), 1-10. DOI: https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i1.1002
Nur, N., & Nugraha, M. S. (2023). Implementasi model pembelajaran STEAM dalam meningkatkan kreativitas peserta didik di RA Al-Manshuriyah Kota Sukabumi. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 1(5), 73-93. DOI: https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i5.158
Nurkholis, N., & Santosa, A. B. (2022). Manajemen pengembangan kurikulum berbasis pesantren. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 7(2), 113-130. DOI: https://doi.org/10.18860/jmpi.v7i2.17023
Odari, M. H. (2020). The role of value creating education and ubuntu philosophy in fostering humanism in Kenya. Journal of Interdisciplinary Studies in Education, 9, 56, 68. http://ojed.org/jise
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan holistik untuk mengembangkan keterampilan abad 21 dalam menghadapi tantangan era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778-27787.
Purwatiningsih, A. (2023). Etika pembelajaran dalam konteks pendidikan kewarganegaraan: Suatu alternatif membangun pilar pendidikan. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 15(1), 320-332.
Puspitaningrum, D., & Indrawati, T. (2023). Desain model pembelajaran bahasa anak usia dini berbasis literasi humanis (early childhood language learning design based on humanism literacy). Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 13(2), 362-375. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbsp.v13i2.16976
Putri, A., Amanda, D., Yanti, R. F., Amin, A., & Batubara, A. K. (2023). Hak asasi manusia dalam perspektif Islam. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 195-208.
Rajagukguk, R. M. (2023). Hukum dan teknologi: menghadapi tantangan hukum di era digital. Tugas Mahasiswa Hukum, 1(1).
Raharjo, R., Jayadiputra, E., Husnita, L., Rukmana, K., Wahyuni, Y. S., Nurbayani, Salamah, Sarbaitinil, Nazmi, R., Djakartiah & Mahdi. (2023). Pendidikan karakter membangun generasi unggul berintegritas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ranawat, R., & Tripathi, D. (2024). The concept of Imminent humanism and its Anthropocentric implications. Knowledgeable Research: A Multidisciplinary Journal, 2(06), 55-60. DOI: https://doi.org/10.57067/n40mv334
Rasyid, A. R., Raffli, A., Aditya, A., Rahmadani, S., Hania, Y., & Qiran, Z. F. (2024). Pentingnya pendidikan multikultural dalam konteks Pancasila di masyarakat. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 2057-2069. DOI: https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9674
Rizal, A., & Burhan, B. (2024). Implementasi pendidikan humanisme pada peserta didik di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4602-4607. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27214
Rozak, A. (2023). Analisis peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa kelas VII di sekolah MTS Negeri 01 Pamulang Tangerang Selatan: pendekatan metode literature study and review (LSR). El Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 1-8. DOI: https://doi.org/10.54125/elbanar.v6i1.149
Rusdiani, N. I., Setyowati, L., Agustina, N. P., Nurleha, N., & Mahardhani, A. J. (2023). Penguatan moral dan agama anak usia dini melalui pembiasaan sholat dhuha di TK Negeri Pembina Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 89-96. DOI: http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v11i1.6553
Saksono, H., Khoiri, A., Dewi Surani, S. S., Rando, A. R., Setiawati, N. A., Umalihayati, Ali, H., Adipradipta, A., Ali, M.N., & Aryuni, M. (2023). Teori belajar dalam pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.
Sakti, M. B., Adha, M. M., & Siswanto, E. (2023). Implementasi pendidikan berbasis multikultural sebagai upaya penguatan nilai karakter toleransi dan cinta damai. Jurnal Kultur Demokrasi, 12(1). https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/28881/17171
Salat, R. J., & Amarullah, R. Q. (2023). Internalisasi nila-nilai Tauhidullah pada pendidikan Sekolah Dasar. Khidmatussifa: Journal of Islamic Studies, 3(1).
Santoso, G., & Dauwi, L. (2023). Mandiri dan Critical Tinking: Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Peserta Didik Kelas 1. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 495-520. DOI: https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.638
Sastradiharja, E. J., Sarnoto, A. Z., & Nurikasari, N. (2023). Pengembangan kecerdasan emosi untuk meningkatkan sikap sosial siswa Sekolah Dasar. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 13(1), 85-100. DOI: https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v13i1.1424
Shih, Y. H. (2020). Learning content of ‘multiculturalism’for children in Taiwan’s elementary schools. Policy Futures in Education, 18(8), 1044-1057. DOI: https://doi.org/10.1177/1478210320911251
Sholeh, M. I. (2023). Implementasi nilai-nilai keislaman dalam program anti-bullying di lembaga pendidikan Islam. Al Manar, 1(2), 62-85.
Shofiyyah, N. A., Komarudin, T. S., & Ulum, M. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Islami dalam Praktik Kepemimpinan Pendidikan: Membangun Lingkungan Pembelajaran yang Berdaya Saing. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 66-77. DOI: https://doi.org/10.19109/elidare.v9i2.19383
Sultani, S., Alfitri, A., & Noorhaidi, N. (2023). Teori belajar humanismik Dan penerapannya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 177-193.
Susanti, R. (2024). Pengaruh program pendidikan berkarakter terhadap pembentukan sikap empati siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2290-2302. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.26461
Tabi’in, A. (2020). Pengenalan keanekaragaman suku agama ras dan antar golongan (SARA) untuk menumbuhkan sikap toleransi pada anak usia dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 137.
Triaswari, F. D., Sutrisno, S., Adiyaksa, W., & Rustiya, S. A. (2023). Aktualisasi pendidikan nilai dan moral pada siswa sekolah dasar melalui media pembelajaran berbasis permainan Worldwall. EDUPEDIA, 7(1), 38-56. DOI: https://doi.org/10.24269/ed.v7i1.1897
Widyalistyorini, D., Istiq'faroh, N., & Hendratno, H. (2023). Implementasi teori pendidikan Ki Hajar Dewantara: tinjauan praktik pembelajaran dan dampaknya pada peningkatan kualitas pendidikan dasar. Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya Indonesia, 1(1), 36-43. DOI: https://doi.org/10.61476/84nhq902
Wijaya, S., Saputra, M. F., & Lestari, L. P. (2023). Program bimbingan belajar pasca pandemi Covid-19 menggunakan metode visual, humanis ceria dan aqidah akhlaq guna meningkatkan motivasi belajar siswa SD di Desa Sawocangkring Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(7), 1077-1087. DOI: https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i7.313
Wulandari, Y. F., Caesariano, L., Murtiadi, M., & Bastian, Y. (2021). Virtual tour sebagai media komunikasi digital dalam pelayanan museum kehutanan di masa pandemi Covid-19. Jurnal Media Penyiaran, 1(1), 9-15.
Zuchdi, D. (2023). Humanisasi pendidikan: menemukan kembali pendidikan yang manusiawi. Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2024.008.02.7
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 AKMAL FIRMANSYAH, MUHAMAD YUDHA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.