INTERNALISASI NILAI DAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH (Studi Budaya Sekolah Jumat Berkah)

Nindiya Norianda, Jagad Aditya Dewantara, Sulistyarini Sulistyarini

Abstract


Internalisasi Nilai dan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Karakter merupakan hal mendasar dalam pribadi individu yang harus dibentuk sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep budaya sekolah Jumat Berkah dan karakter yang dapat dibentuk melalui budaya sekolah  Jumat Berkah. Budaya sekolah Jumat Berkah mangandung nilai-nilai yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru dan peserta didik di SMP Negeri 1 Matan Hilir Selatan. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya sekolah Jumat Berkah terdapat nilai religius, nasionalisme, kreativitas dan gotong royong yang dapat diinternalisasikan kepada peserta didik sebagai upaya untuk membentuk dan memperbaiki karakter. Karakter yang dapat dibentuk melalui budaya sekolah Jumat Berkah adalah karakter tangguh, bersih dan sehat, disiplin, peduli lingkungan, kerja sama, tanggung jawab, kreatif dan tolong menolong.


Keywords


karakter; budaya sekolah; nilai karakter Jumat Berkah

Full Text:

PDF

References


Armizi (2017) ‘Penanaman Spiritual Quotient dan Nilai Moral Pada Siswa Untuk Penguatan Kurikulum Pendidikan Karakter di Sekolah’, Jurnal Madania, 7, pp. 78–110.

Atmaja, T. S., Dewantara, J. A. and Utomo, B. B. (2020) ‘Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Sekolah Menengah Atas (SMA) Perbatasan Entikong Kalimantan Barat’, Jurnal Basicedu, 4(4), pp. 1257–1266.

Creswell, J. (2015) Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dewantara, J. A. et al. (2020) ‘Optimization of Character Education Through Community Participation Around The School Environment ( Case Study in Lab School Junior High School Bandung )’, Journal of Etika Demokrasi, 5(1), pp. 53–66.

Dianti, P. (2014) ‘Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran’, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), pp. 58–68.

Gordon, B. (2015) ‘Public and Constitutional Support For Character Education’, NASSP Bulletin, 80, pp. 55–62.

Isnaini, M. (2013) ‘Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Madrasah’, AL-Ta lim, 1(6), pp. 445–450. doi: 10.15548/jt.v20i3.41.

Komalasari, K. and Saripudin, D. (2017) Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: PT Refika Aditama.

Lickona, T. (2014) Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Lindasari, E. (2019) Pendidikan Karakter Mandiri Melalui Pembelajaran PPKn dan Budaya Sekolah (Studi Kasus) SMK Negeri 2 Banjarmasin, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Maunah, B. (2015) ‘The implementation of character education in the formation of students’ holistic personality’, Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), pp. 90–101.

Munjiatun (2018) ‘Penguatan Pendidikan Karakter’, Jurnal kependidikan, 6(2), pp. 334–349. doi: 10.24090/jk.v6i2.1924.

Neprializa (2015) ‘Manajemen budaya sekolah’, Manajer Pendidikan, 9(3).

Nofiaturrahmah, F. (2017) ‘Penanaman Karakter Dermawan Melalui Sedekah’, Jurnal Zakat dan Wakaf, 4(2), pp. 313–326.

Nurjannah (2018) ‘Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran PKn Siswa SDN Peunaga Cut Ujong’, Genta Mulia, IX(1), pp. 77–88.

Pawlas, G. E. (2015) ‘Vision and School Culture’, NASSP Bulletin, 81, pp. 118–120.

Perdana, N. S. (2018) ‘Strengthening Character Education In Schools As Prevention Efforts For Juvenile Delinquency’, Edutech, 17(1), pp. 32–54.

Pradana, Y. (2016) ‘Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah (Studi Deskriptif di SD Amaliah Ciawi Bogor)’, Skripsi, 1(1), pp. 55–67.

Rahayu, D. W. (2016) ‘Internalisasi Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah’, Jurnal Buana Pendidikan, Tahun XII(22), pp. 49–68.

Riadi, A. (2018) ‘Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah’, XVIII, pp. 230–246.

Sari, A. C. and Yulianawati, T. (2017) ‘Sedekah sebagai Media Spiritual Anak Usia Dini’, ThufuLA, 5(1).

Sayektiningsih, Sumardjoko, B. and Achmad, M. (2017) ‘Penenaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Klaten’, Jurnal Managemen Pendidikan, 12(2), pp. 228–238.

Snyder, F. J. et al. (2013) ‘Preventing Negative Behaviors Among Elementary-School Students Through Enhancing Students ’ Social-Emotional and Character Development’, Social Health; Emotional Health; Youth, 28(1), pp. 50–59. doi: 10.4278/ajhp.120419-QUAN-207.2.

Suardi et al. (2019) ‘Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Jaya Negara Makassar’, Jurnal Etika Demokrasi PPKn, 4(1), pp. 22–29.

Sugiyono (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyarini et al. (2020) ‘Pancasila Character Education in Teaching Materials to Develop College Students ’ Civic Disposition’, 418(Acec 2019), pp. 325–330.

Suwandayani, B. istanti and Isbadrianingtyas, N. (2017) ‘Peran Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Anak Sekolah Dasar’, seminar nasional lembaga kebudayaan.

Taufiq, M. (2018) ‘Revitalisasi Pendidikan Karakter di Era Global; Penanaman Nilai dan Pendekatan Instruksional’, Jurnal Tarbawi STAI Al Fitrah, 7(1), pp. 33–46.

Utami, R. D. (2015) ‘Upaya Mengatasi Hambatan Dalam Penanaman Nilai Karakter’, University Research Coloquium, ISSN 2407-, pp. 209–214.

Widyaningsih, T. S., Zamroni and Zuchdi, D. (2014) ‘Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SMP dalam Perspektif Fenomenologis’, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(2), pp. 181–195.

Yudhawardhana, A. N. (2017) ‘Kegiatan Jumat Bersih di Lingkungan Sekolah sebagai Benuk Sikap Gotong Royogn dalam Membentuk Karakter Siswa’, Prosiding SENASGABUD, pp. 1–6. Available at: http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASGABUD.

Zaenullah and Efendiy, K. (2018) ‘Urgensi internalisasi nilai-nilai karakter oleh masyarakat untuk mencegah kenakalan remaja’, Likhitaprajna Jurnal Ilmiah, 20(2), pp. 137–145.

Zulhairi, Z. (2016) ‘Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 1 Padang Panjang’, al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan. doi: 10.31958/jaf.v3i2.400.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2021.005.01.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nindiya Norianda, Jagad Aditya Dewantara, Sulistyarini Sulistyarini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.