PEMBINAAN AKHLAK ANAK DI MASA PANDEMI DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Pembinaan Akhlak Anak di Masa Pandemi dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam. Permasalahan akhlak terus menerus menjadi isu yang menarik perhatian. Terlebih sekarang ini di berbagai belahan negara sedang mengalami pandemic Corona Virus Disease (Covid-19). Keadaan ini menuntut masyarakat untuk melakukan segala kegiatan dari rumah, termasuk kegiatan belajar dan mengajar. Semua orangtua diharuskan untuk memberikan pengajaran secara akademik maupun moral. Artikel ini menggunakan metode studi kasus yang menekankan pada eksplorasi. Pendekatan yang digunakan adalah melalui pendekatan metode studi kasus kualitatif, yang bisa untuk mengetahui informasi yang terjadi terkait Corona Virus Disease atau yang dikenal dengan nama Covid- 19 terhadap kebijakan pemerintah yang memutuskan melaksanakan kegiatan belajar mengajar dari rumah. Adapun pembinaan akhlak dalam perspektif psikologi Islam yang dapat dilakukan dalam masa pandemi ini adalah dengan metode pendidikan dengan kasih sayang, metode keteladanan, dan metode nasihat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah N, U. (2002). Pendidikan Anak Dalam Islam. Jilid 1, Jakarta: Pustaka Amani
¬____________. (2009). Mencintai dan Mendidik Anak Secara Islami. Jakarta: Darul Hikmah. h.110
Abdurrahman, A. (1995). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press
Aboebakar, A. (1991). Pendidikan Sufi Sebuah Karya Mendidik Akhlak Manusia Karya Filosof Islam di Indonesia. Solo: CV. Ramadhani
Arsyad, Lukman, dkk. (2021). Membekali Anak Usia Dini Dengan Pendidikan Karakter: Analisis Cerita Film Animasi Upin Dan Ipin. Jurnal Waskita vol.5 no.1 pp.59 – 71.
Asmaran AS. (1994). Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Asnelly, I. (1998). Mendambakan Anak Shaleh; Prinsip-prinsip Pendidikan Anak dalam Islam. Bandung: al-Bayan
Azmami, R. (2019).Pembinaan Akhlak Pada Anak Dalam Kitab Mau’idzah Al-Mukminin MIN Ihya Ulumiddin Karya Syaikh Jamaluddin Al-Qasimi. Skripsi Sarjana Universitas Islam Negersi Sumatra Utara, Medan
Bawani, I. (1991). Cendikiawan Muslim dalam Perspektif pendidikan Islam. Surabaya: Bina Ilmu Offset
Eko, & Harianto. (2019). Metode Pembinaan Akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta (Perspektif Psikologi Islam). Jurnal Psikologika vol.24 No 1, Januari 2019 : 59-72
George S. Morrison. (2012). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).Jakarta: Indeks
Hadziq, Achmad Faisal. (2019). Konsep Psikologi Pendidikan Islam Perspektif Prof.Dr.Zakiah Daradjat. Jurnal Aksioma ad-Diniyyah vol.7 No.2, pp 145-160.
Harahap, Nursapia. (2020). Penelitian Kualitatif. Sumatera Utara: Wal ashri Publishing.
Maharani, Dewi. (2018). Pendidikan Anak Perspektif Psikologi dan Pendidikan Islam. Jurnal IQ (Ilmu Al-qur’an) vol.1, No.01 2018, pp 38-60
Mahmud. (2011). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Setia Pustaka
Mansur, MA. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press
Muhaimin. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Filosofis dan Karangka Dasar Oprasionalnya. Bandung : Triganda Karya
Muslim, N dkk. (1995). Moral dan Kognisi Islam. Bandung: CV Alfabeta. ed. 2
Nata, Abdullah. (2018). Psikologi Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Norianda, Nindiya, dkk. (2021). Internalisasi Nilai Dan Karakter Melalui Budaya Sekolah (Studi Budaya Sekolah: Jumat Berkah). Jurnal Waskita vol.5 no.1 pp.45 – 57.
Nuryani, A., & Hakam, K. A. (2013). Kajian Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) Di Sekolah, Jurnal Integritas. 1(2), 238–248
Ramayulis. (2010). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia. h. 127
Rofi’ie, Abdul Halim. (2017). Pendidikan Karakter adalah Keharusan. Jurnal Waskita vol.1 no.1 pp.114.
Sukanto. (1994). Paket Moral Islam Menahan Nafsu dari Hawa. Solo: Maulana Offset. Cet. I.
Sutarman, Kurnianto HT, Masduki Y,
Santosa D. (2020). The Religiosity and Character Values Education of Multingual Program of Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Indonesia of Industrial Revolution Era 4.0. ISSN 23945125. Journal of Critical Reviews. 7(1)
Yatimin, A. (2007). Studi Akhlak dalam Perspektif al-Qur’an. Jakarta: Sinar Grafika Offset
Zainuddin. (1991). Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara
Zuchdi, D. (2010). Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif: Terintegrasi dalam Perkuliahan dan Pengembangan Kultur Universitas. Yogyakarta: UNYPress
Zulkarnain. (2017). Pendidikan Karakter Sebagai Sarana Pembangunan Nilai Kerendahan Hati dan Nilai Toleransi Tinjauan Al-quran. Jurnal Waskita vol.1 no.1 pp.62 – 63.
DOI: https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2021.005.02.7
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 reno diqqi alghzali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.