NILAI DAN FILOSOFI TRADISI SEDEKAH DESO PADA MASYARAKAT DUSUN GEDIPAN KABUPATEN TEMANGGUNG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustinus, H. (2014). Kepemimpinan di Era Globalisasi. Pustaka Pelajar.
Anas, Mohamad; Zakiyah, M dan Rohmah, Siti. (2022). Menyemai Perdamaian dalam Perbedaan Strategi Mayoritas Mengayomi Minoritas pada Basis Multikulturalisme di Kasembon Malang. Peradaban Journal of Religion and Society Vol 1 No 1 https://doi.org/10.59001/pjrs.v1i1.31
Awal, R. A. (2020). Nilai-nilai Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi SMPN 1 Basarang Kec. Basarang Kab. Kapuas). Tarbiyah Islamiyah, 10(2), 59–66. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/5080
Juraidah. (2013). KELOMPOK SOSIAL DALAM TRADISI MODERNITAS SOSIAL MASYARAKAT JURAIDAH Guru Sekolah Dasar Negeri 14 Marangkayu. Jurnal Cemerlang, 1(1), 1–13.
Komalasari, K., & Saripudin, D. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Refika Aditama.
Lestari, E. D., Noor, A. S., & Firmansyah, A. (2018). Tradisi Sedekah Bumi Dalam Pelestarian Budaya Lokal Di Dusun Wonosari Desa Tebang Kacang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 1–10.
Mulyana, R. (2011). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Alfabeta.
Mulyatno, C. B., & Yosafat. (2022). Praktik Bergotong-Royong dalam Hidup Bermasyarakat sebagai Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4624–4634. https://repository.usd.ac.id/44128/1/8419_GOTONG-ROYONG%2BSBG%2BIMPLEMENTASI%2BPANCASILA.pdf
Pridayanti, E. A., Andrasari, A. N., & Kurino, Y. D. (2022). Urgensi Penguatan Nilai-Nilai Religius Terhadap Karakter Anak Sd. Journal of Nnovation in Primary Education, 1(1), 40–47.
Ristianah, N. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Perspektif Sosial Kemasyarakatan. Derajat: Jurnal PAI, 3(1), 1–13. http://repository.radenintan.ac.id/11375/1/PERPUS PUSAT.pdf%0Ahttp://business-law.binus.ac.id/2015/10/08/pariwisata-syariah/%0Ahttps://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results%0Ahttps://journal.uir.ac.id/index.php/kiat/article/view/8839
Rofi’ie, A. H. (2017). Pendidikan Karakter adalah Suatu Keharusan. Waskita, 1(1), 113–128.
Rofiq, A. (2019). Tradisi Slametan Jawa dalam Perspektif Pendidikan Islam. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 15(2), 93–107.
Salsabila, R. Z. (2021). Tradisi Bajarahan Masyarakat Banjar Saat Idul Fitri Di Masa Pandemi Covid-19 “Studi Kasus Kota Banjarmasin.” Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 3(2), 29–39. https://doi.org/10.18592/msr.v3i2.5958
Saputri, R. W. A., & Brata, N. T. (2022). Hubungan Tradisi Rewang, Budaya Bekerja, Dan Modal Sosial Pada Masyarakat Multietnis Di Kabupaten Oku Timur. Jurnal Budaya Etnika, 6(2), 81–89.
Soekanto, S., & Sulistyowati, B. (2017). Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Pers.
Sucipto, B. H. (2020). Implementasi Budaya Guyub Rukun di SMK N 1 Donorojo Pacitan melalui Kegiatan Kemasyarakatan dalam Penanganan Pandemi Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(8), 749–762. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i8.15700
Sudirana, I. W. (2019). Tradisi Versus Moderen: Diskursus Pemahaman Istilah Tradisi dan Moderen di Indonesia. Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(1), 127–135. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i1.647
Sulfan, S. (2018). Konsep Masyarakat Menurut Murtadha Muthahhari. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 4(2), 269–284. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/aqidah-ta/article/view/6012
Winarsih, N. (2023). Tradisi Rewang : Potret Eksistensi Perempuan Jawa di Era Modernitas. Biokultur, 12(1), 21–36.
.
DOI: https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2023.007.02.4
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Handi Kurniyawan, Rahmat Prof. Dr.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.