KEBIJAKAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM ERA DISRUPSI GLOBALISASI
Abstract
Abstrak: Kebijakan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Era Disrupsi Globalisasi. Era yang serba digital dan berkembanganya konstelasi kehidupan menyebabkan adanya perubahan dalam berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan. Pendidikan di era disrupsi globalisasi mengalami perubahan dalam segi materi, aktivitas, dan proses pembelajarannya. Pendidikan kewarganegaraan di Indonesia sebagai bagian penting dari sistem pendidikan yang bertujuan untuk membentuk warga negara yang kompeten, adaptif, dan mampu bersaing di era disrupsi globalisasi harus berdasar pada nilai-nilai pancasila. Kebijakan pendidikan kewarganegaraan perlu melakukan pembaharuan berupa perubahan dan perbaikan secara komprehensif untuk kemajuan dalam dunia pendidikan itu sendiri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Buku
Dunn, W. N. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Jogjakarta: Gajah Mada University Press.
Dunn, W. N. 2017. Pengantar analisis kebijakan publik.
Mahfud. 2008. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nugroho, R. 2008. Kebijakan Pendidikan yang Unggul. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syafaruddin. 2008. Efektivitas Kebijakan Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta.
Artikel Jurnal
Ananda, A. 2005. Esensi Pendidikan Kewarganegaraan: Sebuah Kilas Balik Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia. Jurnal Demokrasi, 4(1).
Christensen, C. M., Raynor, M. E., & McDonald, R. 2015. What is disruptive innovation?. Harvard Business Review.
Mukhadis, A. 2013. Sosok manusia indonesia unggul dan berkarakter dalam bidang teknologi sebagai tuntutan hidup di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2).
Pahlevi, F. S. 2017. Eksistensi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Dalam Memperkokoh karakter Bangsa Indonesia. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. https://doi. org/10.21154/ibriez. v2i1, 26.
Patrick, J. J. 2002. Defining, Delivering, and Defending a Common Education for Citizenship in a Democracy.
Purwowibowo, P., Hariyono, S., & Wahyudi, D. 2017. Pekerjaan Sosial Komunitas Berbasis Lingkungan (Community Social Work Based On Environmental). Share: Social Work Journal, 7(1), 39-45.
Putranti, N. 2016. Cara membuat media pembelajaran online menggunakan edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(2), 139-147.
Samsuri, S. 2011. Kebijakan Pendidikan Kewarganegaraan Era Reformasi di Indonesia. Cakrawala Pendidikan, (2), 78213.
Internet
https://www.bappenas.go.id/files/1814/2057/0437/RPJP_2005-2025.pdf diakses pada 02 Februari 2021 pukul 08.30.
https://divedigital.id/apa-itu-disrupsi/ diakses pada 02 Februari 2021 pukul 09.30.
https://dosen.ikipsiliwangi.ac.id/fadly-pratama/kebijakan-pendidikan-kewarganegaraan-dalam-mengembangkan-karakter-nasional-di-indonesia/ diakses pada 04 Februari 2021 pukul 14.45
https://www.kompasiana.com/karunadarani/54f76d8aa33311d6338b495d/pentingnya-pendidikankewarganegaraan-di-perguruan-tinggi-pada-era%20globalisasi diakses pada 01 Februari 2021 pukul 14.00.
https://kumparan.com/temali/memasuki-era-disrupsi-dan-menghadapinya-1rP1bBzWuG5 diakses pada 01 Februari 2021 pukul 14.30.
DOI: https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2022.006.01.6
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rahmadi Indra Tektona
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.