MEMBEKALI ANAK USIA DINI DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER: ANALISIS CERITA FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN

Lukman Arsyad, Enni Akhmad, Alvons Habibie

Abstract


Abstrak: Media Informal Pendidikan Karakter: Analisis Cerita Film Animasi Upin dan Ipin. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan nilai-nilai karakter pada film animasi serial UPIN dan IPIN.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam sebuah film.Penelitian mengkaji lima judul cerita film animasi serial Upin dan Ipin. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memilih lima judul cerita, merekam cerita-cerita tersebut, dan menontonnya selama 10 kali. Alur cerita dalam bentuk film tersebut kemudian ditulis dalam bentuk naskah. Analisis data dilakukan dengan cara mengidentifikasi nilai-nilai karakter dari setiap judul cerita dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai karakter pada film animasi serial Upin dan Ipin adalah suka menolong, toleransi, kreatif, demokratis, berani, cerdas, saling menghargai, taat beribadah, kasih sayang. Penelitian mengimplikasikan untuk menugaskan kepada siswa untuk menonton film-film yang memiliki nilai-nilai karakter.

 


Keywords


Media Informal; Pendidikan; Karakter; Film Animasi; Upin dan Ipin

Full Text:

PDF

References


Danesi, M. (2010). Pengantar Memahami Semiotika Media. Jakarta: Jalasutra.

Dewi, E. K. (2010). Film Kartun Upin Ipin dalam Proses Sosialisasi Nilai Pada Anak-Anak. Universitas Negeri Semarang.

Effendy, O. U. (1986). Dinamika Komunikasi, Remaja. Remaja Rosdakarya.

Handi, & Oktavianus. (2013). Praktek Eksorsis Di Dalam Film Conjuring. E-Komunikasi, 1–12. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/79600-ID-none.pdf

Hidayatullah, D. (2017). INTERSEKSI MASKULINITAS DAN AGAMA DALAM CERPEN ROBOHNYA SURAU KAMI KARYA A. A. NAVIS. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa Dan Sastra, I(2), 139–155.

Arin Wahyuni, Triyanto, W. N. (2019). STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI METODE DONGENG DAN PENDAMPINGAN ANAK DI RUMAH DONGENG KINCIRIA. Waskita, 3(2), 77–92.

Effendy, O. U. (1986). Dinamika Komunikasi, Remaja. Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. (2012). UU No 12 Tahun 2012. 1–60.

Marzuki, D. F. A. &. (2018a). Kandungan Nilai-Nilai Karakter Kewargaan Dalam Novel Pulang Karya Darwis Tere Liye. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 114–122. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21271

Marzuki, D. F. A. &. (2018b). KANDUNGAN NILAI-NILAI KARAKTER KEWARGAAN DALAM NOVEL PULANG KARYA DARWIS TERE LIYE. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 341–356.

Muhammad Yusuf. (2013). Membentuk Karakter Melalui Pendidikan Berbasis Nilai. Jurnal Al-Ulum (Jurnal Studi-Studi Islam) IAIN Gorontalo, 13(1), 1–24.

Muhdar, H. (2013). Pendidikan Karakter Menuju Sdm Paripurna. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 103–128.

Narvaez, L. P. N. & D. (2008). Handbook of Moral and Character Education. In Handbook of Moral and Character Education. Routledge Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.4324/9780203114896

Noddings, N. (2005). Book Review: Educating Moral People: A Caring Alternative to Character Education. In Theory and Research in Education (Vol. 3, Issue 3). Teachers College Press, Columbia University. https://doi.org/10.1177/147787850500300307

Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi (8th ed.). GADJAH MADA UNIVERSITY.

Rahim, A. (2013). Peranan Orang Tua Terhadap Pendidikan Karakter Remaja Putri Menurut Islam. Al-Ulum, 13(1), 87–102.

Rahmawati Mulyaningtyas & Yogi Dian. (2020). MEMBANGUN KARAKTER GENERASI MUDA MELALUI NILAI RITUAL METRI Rahmawati. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 4(2).

Suwarna Dwijonagoro , Avi Meilawati , Nurhidayati, & S. H. W. (2019). CHARACTER EDUCATION IN BANJARAN BIMA PLAY AND ITS IMPLICATION IN. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 133–151.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2021.005.01.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Enni Akhmad Daud

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.