NILAI-NILAI KARAKTER YANG DIKEMBANGKAN OLEH IBU RUMAH TANGGA DALAM MENJALANI TRADISI OTANG TENGKA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustini, F. (2020). Integrasi nilai karakter melalui permainan tradisional tarik tambang dalam pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 114-120. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24513
Aqobah, Q. J., Ali, M., Decheline, G., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman perilaku kerja sama anak usia dini melalui permainan tradisional. E-PLUS: Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 134-142. http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v5i2.9253
Beauvoir, S. (2016). Second sex: kehidupan perempuan. Yogyakarta: Narasi-Pustaka Promethea.
Benard, Bonnie. (2004). Resiliency: what we have learned. San Fransisco: WestEd.
Creswell, W. J. (2013). Penelitian kualitatif dan desain riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Diananda, A. (2021). Pola asuh suku Jawa: dahulu dan sekarang serta pengaruhnya terhadap pola pikir dan perilaku anak. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 137-150. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/index
Fadli, M. Z., & Syafi'i, I. (2021). Tantangan dunia pesantren era milenial. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 134-141. https://doi.org/10.53627/jam.v7i2.4214
Hadiansyah, A., & Yanwar, R. P. (2015). Pengaruh etos kerja terhadap kinerja karyawan PT. AE. Jurnal AL-ASHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 3(2), 150-158. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v3i2.204
Ima, D., Restu, N., & Yusuf, S. (2020). Nilai-nilai pendidikan karakter R.A Kartini dalam buku Habis Gelap Terbitlah Terang. At-Thullab: Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 350-561. https://doi.org/10.20885/tullab.vol2.iss1.art12
Imron, A. (2020). Telaah pemikiran pendidikan dan etika sosial Ahmad Qodri Abdillah Aziziy. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 47-66. https://doi.org/10.52796/jpnu.v1i1.7
Isfihani, I. (2017). Pembentukan karakter bangsa melalui paradigma pendidikan. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 9(2), 375-406. 10.32489/al-riwayah.146
Karima, U. (2017). Peran pendidikan dalam mewujudkan generasi emas Indonesia yang bermartabat. IJTIMAIYAH: Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1-25.
Marsiyah, T. H. (2020). Implementasi pembentukan karakter kemandirian siswa melalui pembelajaran kewirausahaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 352–360. https://doi.org/10.51212/jdp.v13i3.1962
Moustakas, C. (2010). Phenomenological research methods. London: SAGE Publications.
Mutiara. (2023). Tradisi lokal Bersih Desa sebagai perwujudan nilai sosial di desa Tantau Rasau. Kronik: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah, 160-168. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i2.25493
Muttaqien, Z. (2019). Peran perempuan dalam tradisi Sunda Wiwitan. KHAZANAH THEOLOGIA, 23-29. https://doi.org/10.15575/kt.v1i1.7123
Nasution, T. (2018) Membangun kemandirian siswa melalui Pendidikan Karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2 (1). ISSN 2541-660X
Nisaa’, C., & Rispurwanto, A. (2021). Etos kerja guru MI bersertifikat profesional. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 79-92. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.262
Nurmalina, N., & Masrul, M. (2022). Etos kerja dalam penanaman kelor: nilai-nilai pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10233–10242. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10013
Priska, V. (2020). Pentingnya menanamkan karakter sejak dini. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 193-201.
Resti, F. I. (2017). Pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa SMA Negeri 1 Demak melalui program tertib parkir di sekolah. Skripsi:Tidak dterbitkan. Universitas Negeri Semarang.
Reza, H., & Liaw, F. (2021). Hunian vertikal monodualisme (individualisme-kolektivisme). Jurnal STUPA, 1111-1126. https://doi.org/10.24912/stupa.v3i1.10890
Riskiyah, F., & Setiawati, E. (2022). Analisis kontribusi perempuan dalam pengembangan pendidikan karakter pada novel Si Anak Pemberani. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 203-218. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2022.006.02.6
Samani, M., & Hariyanto. (2020). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.
Silawati, Yeniningsih, T. K., & Amalia, D. (2021). Pengembangan media Activity Book untuk meningkatkan nilai karakter mandiri anak usia dini. JIM PAUD, 6(2), 1-9.
Syamsurrijal, A. (2020). Bermain sambil belajar: permainan tradisional sebagai media penanaman nilai pendidikan karakter. ZAHRA, 1-14. https://doi.org/10.37812/zahra.v1i2.116
Saragih, R. S., & Siagian, N. F. (2020). Pengaruh karakteristik individu dan etos kerja terhadap kinerja pegawai pada sekretariat daerah Kabupaten Simalungun. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK dan BI), 3(1), 268-276. https://doi.org/10.37600/ekbi.v3i1.122
Syifa, U. Z., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. (2022). Analisis nilai karakter tanggung jawab anak dalam pembelajaran daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 568–577. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2071
Sztompka, P. (2007). Sosiologi perubahan sosial. Jakarta: Permada Media Grup.
Unayah, N. (2017). Gotong royong sebagai modal sosial dalam penanganan kemiskinan. Sosio Informa, 3(1), 49-58. https://doi.org/10.33007/inf.v3i1.613
Utsman, H. (2018). Tengka: etika sosial dalam masyarakat tradisional Madura. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Wuryandani, W., Fathurrohman., & Ambarwati, U. (2016). Implementasi pendidikan karakter kemandirian di Muhammadiyah Boarding School. CAKRAWALA PENDIDIKAN, 208-216. https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.9882
Yuliana, F., & Salamah, S. (2021). Nilai tradisi Karapan Kerbau masyarakat Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat sebagai penguatan nilai karakter masyarakat. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 99-106. http://doi.org/10.25273/gulawentah.v6i2.10433
Zubairi, A. D. (2013). Rahasia perempuan Madura (esai-esai remeh seputar kebudayaan Madura). Surabaya: Al-Afkar Press.
DOI: https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2024.008.01.5
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Faridatur Riskiyah, Siti Kholifah, Alifiulahtin Utaminingsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.